Sunday, August 23, 2009

TNI AL dan AL Timor Leste Jajaki Kerja Sama

Jakarta (ANTARA News) - TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut Republik Demokratik Timor Leste menjajaki kerja sama, mulai dari pendidikan, pertukaran perwira hingga latihan bersama.

"Mereka (Angkatan Laut Timor Leste-red) ingin berguru pada Angkatan Laut Indonesia," kata Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijatno di kediaman dinasnya di Jakarta, Minggu.

Keinginan AL Timor Leste untuk menjajaki kerja sama dengan TNI AL terungkap dalam pertemuan bilateral Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijatno dengan Kepala Staf Angkatan Laut Timor Leste Letkol Donaciano Gomes, di sela-sela penyelenggaraan "Sail Bunaken 2009" di Manado medio pekan lalu.

Menanggapi keinginan AL Timor Leste itu, Laksamana TNI Tedjo mengatakan, pihaknya masih merumuskan bentuk kerja sama yang dapat dilakukan angkatan laut kedua negara.

Kemudian rumusan itu mejadi payung hukum dalam bentuk nota kesepahaman yang disetujui Departemen Pertahanan kedua negara.

Tentang kemungkinan pengaruh terhadap hubungan bilateral RI-Australia, Kepala Staf Angkatan Laut Tedjo Edhy mengatakan, hal itu tidak perlu dikhawatirkan mengingat angkatan laut RI-Australia juga sudah menjalin kerja sama yang baik, termausk dalam bentuk patroli bersama di wilayah perbatasan perairan kedua negara.

"Dalam patroli bersama antara angkatan laut RI dan Australia, ada sebagian wilayah patroli yang bersinggungan dengan wilayah Timor Leste, dan saat berpatroli kita dapat menggunakan Kupang atau Darwin sebagai titik singgah," kata Tedjo.

Di sela-sela penyelenggaran "Sail Bunaken 2009" yang dimeriahkan Parade Kapal Perang Internasional (International Fleet Review/IFR) itu, diadakan kunjungan kehormatan 16 kepala staf angkatan laut sejumlah negara kepada Kasal Laksamana TNI Tedjo Edhy.

Pertemuan bilateral antara kepala staf angkatan laut tersebut, memfokuskan pembahasan pada keamanan maritim regional khususnya di kawasan Asia Tenggara.

"Sebagian besar mereka menilai wilayah perairan Inonesia termasuk di Selat Malaka, sebagai daerah yang aman," demikian Laksamana TNI Tedjo Edhy

No comments:

Post a Comment