Wednesday, August 26, 2009

KASUM TNI: ANCAMAN TERHADAP KEDAULATAN NKRI NYATA

Jakarta (Dephan)- Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksamana Madya TNI Y. Didik Heru Purnomo mengatakan ancaman terhadap kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia semakin nyata seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat.

"Perkembangan lingkungan strategis yang dipicu kemajuan teknologi informasi membuat perubahan yang terjadi semakin dinamis dan telah berpengaruh secara langsung dan tidak langsung pada keamanan nasional," katanya di Jayapura, Senin.

Berbicara saat membuka Geladi Mako Operasi Darat Gabungan Kodam XVII/ Cendrawasih 2009, ia mengatakan pengaruh pesatnya teknologi informasi itu langsung dirasakan sistem keamanan nasional berupa berkembangnya isu demokrasi, tuntutan HAM, lingkungan hidup, aksi teror, separatis, perbatasan negara, serta bencana alam dan konflik sosial.

Dengan begitu, lanjutnya, isu ancaman yang dihadapi Indonesia semakin kompleks dan mengancam keutuhan wilayah NKRI.

"Ancaman nyata tersebut bersifat nasional dan transnasional yang cenderung meningkat dan berimplikasi pada strategi, doktrin dan penggunaan kekuatan TNI," kata Didik.

Ia menambahkan, perkiraan ancaman tersebut dapat diantisipasi dengan melaksanakan pengamanan wilayah darat, laut, dan udara yurisdiksi nasional serta mengantisipasi perkembangan situasi di wilayah perbatasan darat khususnya perbatasan darat Indonesia dan Papua Nugini.

No comments:

Post a Comment